Konsep Dasar Lingkungan Hidup

Posted Selasa, 29 November 2011 by anisa nadhira

1.      Pengertian Lingkungan Hidup
Apakah lingkungan hidup itu? Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar manusia yang dapat dibedakan menjadi beberapa macam objek atau benda, diantaranya benda mati, benda hidup, benda nyata maupun abstrak. Lingkungan hidup meliputi alam sekitar termasuk manusia. Lingkungan merupakan satu kesatuan ekosistem yang saling mendukung satu sama lain. Dapat disimpulkan bahwa lingkungan hidup tidak hanya terdiri dari benda hidup saja, tetapi suatu kesatuan ekosistem (air, udara, tanah, sosial dan teknologi) termasuk benda mati yang menunjang kehidupan di bumi.
Menurut Undang Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1997 yang dimaksud lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya keadaan, dan makhluk hidup termasuk manusia dan perilakunya, yang memengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

2.      Norma-norma Lingkungan Hidup
Norma adalah aturan, ukuran atau kaidah yang dipakai sebagai tolok ukur untuk menilai dan membandingkan sesuatu. Norma yang berkaitan dengan likungan hidup dapat dibedakan menjadi dua.
a.       Norma sosial
Norma social adalah norma yang dipakai untuk menilai suatu perilaku manusia, terutapa terhadap lingkungan hidup, berdasarkan kekuatan yang meningkat. Sementara itu yang dipandang sebagai norma social adalah cara, kebiasaan, tingkah laku, dan adat istiadat.
b.      Norma hukum
Indonesia sudah memiliki peraturan hukum berupa undang-undang khusus mengenai lingkungan hidup. Salah satunya  adalah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkunga Hidup yang memuat pengertian tentang lingkungan hidup, ruang lingkup, asas, tujuan serta sasaran, hak dan tanggung jawab masyarakat serta berbagai macam hal yang melingkupi lingkungan hidup.
Norma hukum lingkungan hidup sangat diperlukan karena menjadi panduan barsama dan kekuatan pendorong bagi masyarakat.

3.      Permasalahan Lingkungan Hidup
Masalah lingkungan hidup yang diketahui dan diakibatkan oleh manusia:
a.       Penggundulan dan penebangan hutan
b.      Suhu udara yang semakin memanas akibat pemanasan global
c.       Matinya beberapa spesies hewan tertentu dan punahnya beberapa jenis tumbuhan yang bermanfaat bagi manusia.
d.      Ketidaksuburan tanah karena ekosistemnya terganggu
e.       Polusi udara, air, tanah, suara, pestisida, radiasi, cuaca, dan pencemaran lingkungan lainnya.
f.        Penyakit endemik

Masalah lingkungan hidup yang biasanya terikat dengan bencana alam:
a.       Banjir dan tanah longsor
b.      Gempa Bumi
c.       Letusan gunung berapi
d.      Angin puting beliung atau tornado

4.      Komponen Lingkungan Hidup
a.       Lingkungan Hidup Alami
Lingkungan hidup alami adalah lingkungan yang telah ada di alam tanpa campur tangan manusia. Contohnya seperti hutan belantara.
b.      Lingkungan Hidup Binaan
Lingkungan binaan adalah lingkungan yang sudah direkayasa oleh manusia. Contohnya seperti sekolah, perumahan dan perkantoran.
c.       Lingkungan Hidup Sosial Budaya
Lingkungan social budaya yaitu lingkungan yang dipengaruhi oleh sosial budaya masyarakat setempat.

5.      Konsep Dasar Lingkungan Hidup
Konsep dasar lingkungan hidup antara lain:
a.       Lingkungan hidup adalah keseluruhan ruang yang ada di bumi yang terdiri dari air, tanah, udara, makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya.
b.      Norma yang mendasari lingkungan hidup adalah norma sosial dan norma hukum.
c.       Lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu lingkungan alami, lingkungan binaan, dan lingkungan sosial budaya.
d.      Lingkungan hidup yang baik adalah lingkungan hidup yang masing-masing makhluk hidup dan komponen di dalamnya dapat berinteraksi dengan baik.
e.       Lingkungan hidup yang berada di bumi, baik benda mati atau hidup, manusia dan alam mampu berhubungan secara timbal balik.

6.      Manfaat Lingkungan Hidup
a.       Menyediakan sumber daya alam bagi kebutuhan hidup manusia.
b.      Menyediakan ruang bagi manusia dan makhluk hidup lainnya untuk melakukan aktifitas kesehariannya, untuk bertahan hidup dan berkembang biak.
c.       Memberikan kesempatan bagi manusia terutama untuk bereksplorasi, membuat berbagai macam penemuan baru dengan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh manusia melalui pengamatan dan penelitian.
Membantu manusia mengenal siapa dirinya dan apa peran sertasnya dalam suatu ekosistem

1 komentar:

  1. anne deliani praja

    apa contoh manfaat lingkupan yang point c ??

Poskan Komentar